Rabu, 17 Agustus 2011

Seminar Haid Dan Problematika Wanita

Seminar Haid dan Problematika Wanita diselenggarakan Sabtu, 20 Agustus 2011 jam 08.00 - 11.00 di Musholla Muallimin. diselenggarakan atas kerja sama Osis MTs NU 04 Muallimin Weleri bersama Persatuan Santri Dan Alumni Pondok Pesantern Lirboyo Kediri.
Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Nuzulul Qur'an dan kegiatan bulan suci Romadhon.

Dasar Pemikiran
Menjadi seorang wanita adalah sebuah nikmat agung dari Allah SWT yang wajib disyukuri. Dengan sifat lembut dan kasih sayangnya menjadi taman pendidikan pagi para penerus estafet kemanusiaan. Dari kejiwaannya wanita tercipta dengan penuh perasaan, dengan ini dia bisa membaca bahasa tangisan seorang bayi. Dekapan dan detak jantung seorang ibu adalah kedamaian seorang anak.
Dengan fitroh yang berbeda dalam tugasnya, wanitapun terlahir dengan kondisi fisik, organ reproduksi dan siklus kehidupan yang lain dari para lelaki. Hamil, mengandung, melahirkan, menyusui dalah jihad seorang ibu untuk anaknya. Dalam tabiat sebagai wanita dia mengalami haid setiap bulannya berpengaruh pada aktifitas dia sebagai seorang hamba Allah dalam keabsahan beribadah. Baik dalam tataran bersuci, salat, puasa, haji, pemikiran serta sebagai seorang istri dalam hubungannya dengan sang suami. Dari sini akhirnya fiqh wanita sebagai sebuah produk hukum berbicara dalam tatanan aplikasi fiqh wanita.
Dalam pembelajarannya, pengkajian fiqh wanita bagi kaum hawa merupakan sebuah kewajiban individu (fardhu 'ain), ini terjadi karena bersinggungan langsung dengan personal sang wanita. Berawal dari melihat fenomena masyarakat kita yang masih awam sekali akan pengetahuan fiqh wanita maka MTs NU 04 Muallimin Weleri besama Persaruan Santri dan Alumni Kendal Pondok Pesantern Lirboyo Kediri mengadakan Seminar Haid dan Problematika Wanita.

Nama Kegiatan
"Seminar Haid dan Problematika Wanita"

Nara Sumber
Tim Pusaka (Persatuan Santri Dan Alumni Kendal) Pondok Pesantren Lirboyo Kediri

Tujuan Kegiatan
  1. Memberikan pembelajaran akan pengetahuan seputar haid, nifas, istihadhoh, keputihan dan seputarnya kepada Peserta didik MTs NU 04 Muallimin Weleri
  2. Pembekalan bagaimana cara salat dan puasa yang bersinggungan dengan haid dan seputarnya
  3. Pembekalan akan hal-hal yang harus dilakukan oleh wanita ketika datang bulan serta larangan-larangan bagi mereka.
Materi Seminar
Buku "Haid dan Problematika wanita menuju wanita shalihah" tulisan Muhammad Adib Shofyan, Penerbit Pustaka Amanah Kendal.

Waktu dan tempat Pelaksanaan
"Seminar Haid dan Problematika Wanita" dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 20 Agustus 2011 di Musholla MTs NU 04 Muallimin Weleri

Peserta
"Seminar Haid dan Problematika Wanita" diikuti:
  1. Seluruh siswa kelas VII, VIII dan IX MTs NU 04 Muallimin Weleri
  2. Ustadz dan ustadzah MTs NU 04 Muallimin Weleri
Penutup
Kesimpulan
Seminar Khaid dan permasalahan wanita ini menarik untuk disimak, dalam diskusinya peserta sangat antusias, bertanya apalagi ketika Kepala madrasah menyampaikan kuis berhadiah yang bisa dijawab peserta.

Juga dibahas mimpi basah untuk cowok-cowoknya lengkap dengan bagaimana niat dan tata cara mandi.
Semoga berkesan dan bermanfaat, Amiin.
Terima kasih kepada tim penyaji adri Alumni PP Lirbaoyo Kediri Jawa Timur yang berkenan mengisi acara. Semoga Allah mencatatnya sebagai ibadah dan amal shalih, Amiin.
Saran
Andaikan ustadznya tidak gondrong, pasti dapat dijadikan contoh yang baik untuk cowok-cowok MTs. Tapi oke kok. Anak-anak MTs MUallimin Pasti bisa memilah dan memilih.

Berikut dokumen yang terekam tim dokumen OSIS MTs NU 04 Muallimin Weleri.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar